b

Pages

Sabtu, 15 Juni 2013

DO, DOES, DID dan DONE

Banyak yang bertanya tentang penggunaan kata kerja DO, DOES, DID, DONEkepada saya termasuklah siswa dan teman-teman saya. Nah apa sih keempat kata kerja itu? Bagaimana penggunaannya?. Nah kali ini akan saya bahas mengenai kata kerja tersebut. Pertama-tama lihat dulu perubahan kata kerja tersebut dibawah ini:

DO (Verb1) DID(verb2) DONE(verb3)

Ketiga kata kerja tersebut mempunyai arti yang sama yaitu (Melakukan, mengerjakan, melaksanakan), tetapi dalam penggunaannya berbeda, misalnya DOdigunakan untuk Simple present tense, DID digunakan untuk Simple past tense, dan DONE digunakan untuk Present perfect tense.

Perhatikan contoh penggunaannya dalam kalimat
1. They do the task very well (simple present tense)
2. They did the task very well yesterday (present continuous tense)
3. They have done the task very well (Present perfect tense)

Nah bagaimana dengan DOES?does juga merupakan kata kerja yang mempunyai arti (mengerjakan, melakukan, atau melaksanakan), sama dengan DO digunakan untuk tenses simple present tetapi berbeda apabila digunakan oleh Subjek tertentu. Misalnya:
• I do the test very well
• He does the test very well

Dari contoh tersebut subjek He menggunakan Does, sedangkan I menggunakan DO. Dan berlaku juga untuk kata kerja-kata kerja lainnya, untuk lebih jelasnya lagi dapat dilihat aturannya di SIMPLE PRESENT TENSE.

O ya.. ada tambahan lagi DO, DOES, dan DIDjuga merupakan kata kerja bantu untuk kalimat negative pada tenses: Simple present tense (DO NOT/DON’T) atau (DOES NOT/DOESN’T), dan Simple Past tense (DID NOT/DON’T). Misalnya:
• She doesn’t go to school
• You don’t go to school
Demikianlah penjelasan kali ini, mudah-mudahan di mengerti…

0 komentar:

Posting Komentar